Langkah Strategis Sebagai Wirausahawan

Pengertian
  • Langkah strategis adalah merupakan tindakan yang dilakukan dalam rangka pengambilan keputusan strategis yang meliputi perumusan strategi, implementasi strategi, serta evaluasi dan pengendalian.
  • Wirausahawan adalah seseorang yang mengorganisasi dan mengelola sebuah bisnis dan mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan yang pada umumnya juga merupakan seorang manajer perusahaannya.

Langkah strategis sebagai wirausahawan dapat kita awali dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut: 
  1. Mengembangkan ide bisnis dasar, sebuah produk/ jasa yang mempunyai target pelanggan dan/ atau pasar. Ide dapat berasal dari pengalaman atau melalui berpikir kreatif.
  2. Mengamati lingkungan eksternal yang menunjukkan peluang dan ancaman.  Sebaiknya terfokus pada peluang pasar dan sumber daya yang dapat digunakan.
  3. Mengamati faktor strategis internal yang relevan. Termasuk bidang keahlian, kemampuan, pengalaman dan lainnya yang dibutuhkan dalam bisnis baru. Pertimbangan dilakukan secara obyektif.
  4. Menganalisa situasi saat ini. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan potensial dari bisnisnya, disamping peluang dan ancaman.
  5. Memutuskan kelayakan ide dasar bisnis. Layak untuk diteruskan atau harus berhenti.
  6. Mengembangkan sebuah rencana bisnis yang menguraikan ide menjadi kenyataan. Faktor-faktor internal yang penting harus diuraikan secara jelas dan proyeksi kinerja harus ditetapkan. Fungsi dari rencana bisnis adalah sebagai kendaraan untuk memperoleh dukungan keuangan dari investor dan / atau kreditor.
  7. Menerapkan Rencana bisnis dengan aturan main/ prosedur dan rencana tindakan.
  8. Mengevaluasi Rencana bisnis yang diterapkan. Bandingkan kinerja aktual dengan proyeksi kinerja. Jika kinerja aktual kurang atau lebih daripada proyeksi kinerja, mungkin perlu untuk memperhatikan faktor-faktor yang telah dirumuskan, dan bila perlu dapat dilakukan perubahan rencana bisnis.
Pemeriksaan strategis dapat digunakan untuk mengembangkan rencana bisnis. Pemeriksaan strategis berisi pertanyaan-pertanyaan secara detail yang berfungsi sebagai petunjuk. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Hubungan Awet dan Mesra

Panduan Penyusunan Kalender Musim Dalam Rangka Penyusunan RPJMDes

Kesiapan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes)