Membuat Rencana Bisnis Sederhana

Pengertian Rencana Bisnis
Rencana Bisnis (Business Plan) adalah merupakan dokumen tertulis yang berisi segala sesuatu tentang bisnis/usaha yang ditulis secara rinci dan sistematis, mencakup informasi status saat ini, kebutuhan dan hasil yang diharapkan.

Apakah perbedaan Rencana Bisnis (Business Plan) dengan Perencanaan Bisnis (Business Planning)?

Rencana Bisnis:

- Periode pembentukan organisasi baru (produk/jasa, organisasi).
- Sederhana.
- Struktur terfokus pada ide bisnis, pemasaran dan keuangan.
- Untuk jangka waktu pendek.

Perencanaan Bisnis:

- Periode pengembangan bisnis/usaha yang dimiliki ( produk/jasa, organisasi).
- Kompleks.
- Struktur mencakup keseluruhan pengembangan fungsi organisasi bisnis.
- Memuat hal-hal dalam jangka waktu yang panjang.

Mengapa perlu untuk membuat Rencana Bisnis?

Kita perlu membuat Rencana Bisnis. Rencana Bisnis dibuat karena pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
- Adanya peluang dan resiko dalam bisnis.
- Kerumitan proses produksi dan transaksi bisnis.
- Sebagai bahan / sumber informasi bagi pembaca rencana bisnis.
- Langkah awal menjalankan usaha / bisnis.
- Rencana bisnis digunakan sebagai alat bantu agar logika bisnis menjadi lebih sistematis.

Kriteria Rencana Bisnis yang baik:

- Singkat dan padat : fokus, spesifik, terdiri dari 10 - 20 halaman.
- Rapi dan menarik : ada halaman judul, daftar isi, dan ringkasan.
- Realistis : rencana yang menjanjikan tetapi tidak berlebihan dalam membuat proyeksi.
- Mencantumkan resiko usaha / bisnis.
- Tim yang kredibel.
- Target pasar: bagian dari rencana pemasaran.


Garis besar dari sebuah rencana bisnis adalah terdiri dari 3 hal utama, yaitu: konsep bisnis, pemasaran dan keuangan.

Contoh susunan Rencana Bisnis sederhana:

A. HALAMAN JUDUL

B. DAFTAR ISI

C. RINGKASAN
Konsep Bisnis
Misi
Produk/jasa
Pasar
Tim Manajemen
Keuangan

D. PROFIL PERUSAHAAN
Identitas (nama, lokasi)
Visi dan Misi
Status hukum

E. STRATEGI PEMASARAN
Gambaran Pasar
Segmen dan Target Pasar
Rencana Penjualan

F. ANALISA PERSAINGAN
Pesaing
Pangsa Pasar
Kelebihan dibanding pesaing

G. PENGEMBANGAN
Tujuan Jangka Panjang
Faktor Strategis
Rencana Kerja
Analisa Resiko

H. OPERASIONAL DAN MANAJEMEN
Produksi, pasokan, distribusi, dan pengembangan produk.
Struktur Organisasi

I. ANALISA KEUANGAN
Proyeksi: Pendapatan, Cash-flow
Analisa BEP

Catatan: Bila Anda bekerja sebagai sebuah tim, pertimbangkanlah seluruh sumber daya manusia yang ada. Lakukanlah pembahasan yang melibatkan kemampuan personel-personel dalam tim. Bila diperlukan dapat dilampirkan foto-foto produk, skema/alur distribusi, dan lain-lain.

Artikel lainnya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Hubungan Awet dan Mesra

Panduan Penyusunan Kalender Musim Dalam Rangka Penyusunan RPJMDes

Kesiapan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes)